Tempat Rafting Bandung Menyenangkan

Bagi anda yang suka wisata outdoor ada salah satu rekomendasi yang bisa anda coba yaitu arung jeram atau rafting. Secara singkat rafting adalah salah satu olahraga yang mana dipadukan dengan unsure petualanganm edukasi dan rekreasi dengan cara mengarungi suatu sungai yang jeram dengan menggunakan boat karet, dayung, kayak dan kano. rafting pangalengan pengunjung akan merasakan sensasi mengarungi sungar dengan arus yang deras serta lika liku terjalnya sungai. Arung jeram ini memerlukakan kekompakan tim agar bisa sampai pada garis akhir, untuk waktunya tergantung pada sungai yang anda coba untuk arung jeram.
Di Bandung juga ada beberapa sungai yang bisa anda coba untuk rafting. Bandung yang terkenal dengan wisata alamnya juga tak kalah dengan wisata airnya. Rafting bandung ini biasanya di sungai palayangan atau sungai cisangkuy atau sungai di daerah ciwidey. Nah jika anda memiliki waktu luang bisa mencoba ke salah satu sungai tersebut. Namun perhatikan beberapa hal, mulai dari cuaca, kondisi tubuh dan tentunya kondisi keuangan. Dengan begitu semuanya akan berjalan lancar. Rafting bandung tidak berbeda dengan rafting pada umumnya alat yang digunakan juga sama, yaitu boat karet, dayung, kayak dan kano. Nah bagi anda yang belum tahu, maka berikut ini media yang digunakan untuk rafting beserta fungsinya :

1. Boat Karet
Ini merupakan perlengkapan utama untuk menyusuri sungai. Ada dua macam perahu yang biasa digunakan ada perahu yang dilengkapi dengan saluran pembuangan air dan ada juga yang tidak. Perahu yang tidak dilengkapi saluran pembuangan air biasanya disediakan ember untuk menguras air yang masuk perahu. Sedangkan untuk kekuatan perahu tergantung dengan merk yang dipakai.
2. Dayung
Dayung digunakan untuk mengarungi arus sungai. Biasanya dayung yang digunakan terbuat dari bahan yang ringan namun kuat seperti plastic atau alumunium. Karena jika dipermukaan dayung tersebut akan terapung.
3. Pelampung
Pelampung sebagai alat keselamatan, untuk melindungi tubuh dari benturan benturan dari arus arus sungai. Juga sangat membantu bagi anda yang tidak bisa berenang ketika perahu terapung di sungai.
4. Helm
Karena ketika rafting pasti ada banyak bebatuan bebatuan, nah fungsi helm ini untuk melindungi kepala dari benturan benturan yang tidak diinginkan. Jadi wajib banget ya memakia helm ketika rafting.
5. Pompa, Tali
Tidak ada yang tahu apakah rafting akan berjalan lancar atau tidak, meskipun sebelumnya ada pengecekan alat. Maka dari itu perlu membawa pomba dan tali. Gunanya jika pompa untuk memompa jika udara dalam perahu mulai berkurang, dan tali berguna jika sewaktu waktu ada hal yang tidak diinginkan.

Itu tadi barang barang yang biasanya digunakan untuk rafting, selain itu disarankan memakai baju yang cepat kering, untuk membawa perlengkapan gunakan juga tas kedap air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *