Bahaya Freon AC yang Wajib Diketahui

Kemajuan teknologi serta ilmu pengetahuan makin hari makin pesat berkembang, tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi saat ini sangatlah cepat. Kini, hanya dengan memasang AC di rumah atau pada kendaraan, kita sudah dapat merasakan hawa dingin tanpa perlu menunggu adanya angin. Di era serba canggih dan juga modern adanya AC atau pendingin ruangan, seakan menjadi hal yang lumrah dan wajar.

Namun, tahukah anda bahwa terdapat zat Freon yang mengahasilkan hawa dingin pada AC? Kebanyakan orang belum memahami betul tentang Freon AC ini, selain memberikan manfaat Freon AC juga memberikan dampak negatif bahkan bisa jadi berbahaya bagi diri kita. Kebocoran Freon AC baik itu AC rumah maupun mobil bisa saja memberikan efek yang cukup fatal, seperti mengakibatkan kematian.

Freon sendiri adalah komponen penting yang digunakan pada mesin pendingin, seperti AC, lemari es dan juga mobil. Jika kita mendapati AC di rumah atau pada kendaraan kurang dingin, bisa jadi itu disebabkan karena kebocoran Freon AC, kita perlu mengecek dengan teliti agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Beberapa bahaya dari menghirup Freon AC ini diataranya ; adanya pembengkakan pada tenggorokan yang menyebabkan kita kesulitan bernafas, menyebabkan iritasi pada alat penglihatan yang dapat mengakibatkan menurunnya kwalitas pandangan atau bahkan bisa jadi kita kehilangan penghilatan, selain menyebablkan iritasi pada mata, juga menyebabkan iritasi pada hidung atau salauran pernafasan.

Dampak paling fatal apabila kita menghirup Freon Ac dalam jumlah yang cukup banyak, ialah memberikan efek kerja jantung yang tidak normal. Detak jantung tidak teratur yang berdampak pada tekanan darah yang tidak stabil, muntah darah, nyeri pada bagian perut, yang mana dari gejala-gejala tersebut dapat menyebabkan kematian.

Hal-hal berbahaya tersebut bisa saja terjadi apabila kita lalai dalam mengecek Freon AC yang kita miliki. Sering kali kita lupa untuk mnegecek kadar Freon pada AC baik di rumah maupun pada kendaraan kita. Kebocoran Freon AC kadang juga tidak terdeteksi, karena senyawa ini tidak memiliki warna dan juga bau. Oleh karena itu, kita mesti meluangkan waktu agar dapat mencegah terjadinya kebocoran pada Freon AC yang kita miliki.

Jika pada kendaraan/ mobil, alangkah lebih baiknya saat service kendaraan kita juga mengecek kadar atau tekanan Freon AC kendaraan kita, sehingga kita tau persis apakah terjadi kebocoran atau tidak dari hasil pengecekkan tersebut. Hal ini menjadi sangat penting bagi kita, mengingat begitu fatal bahaya yang disebabkan apabila Freon AC mengalami kebocoran. Seperti kata pepatah, lebih baik sedia payung sebelum hujan, pada intinya adalah demi keselamatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *